Pelajar Rawan Kecelakaan Lalu Lintas, Kata Dishub Kotim

Kepala Dinas Perhubungan Kotim, H Fadlian Noor mensosialisasikan selamat berlalu lintas di SMA Negeri 1 Sampit, Jumat (10/3/17). Para pelajar diajak menjadi penggerak tertib berlalu lintas. (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Sampit (Antara Kalteng) – Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, gencar melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ke sekolah-sekolah karena pelajar sangat rawan kecelakaan lalu lintas.

“Data menunjukkan bahwa korban kecelakaan lalu lintas didominasi usia produktif, khususnya kalangan pelajar. Kalau kita tidak serius mencegah, bagaimana nasib generasi penerus kita nanti?” kata Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur H Fadlian Noor di Sampit, Jumat.

Fadlian bersama jajarannya makin sering sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait keselamatan berlalu lintas. Jumat pagi, sosialisasi dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampit diikuti ratusan pelajar setempat.

Berdasarkan evaluasi selama ini, kecelakaan lalu lintas umumnya didominasi oleh faktor kelalaian pengendara. Kelalaian dalam bentuk perilaku saat berkendaraan maupun diabaikannya kelengkapan keamanan kendaraan dan pengendara.

Kecelakaan lalu lintas juga kerap diawali dengan pelanggaran aturan lalu lintas. Tindakan itu tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga mengancam keselamatan pengendara lain dan pejalan kaki.

“Kok bisa-bisanya berkendaraan sambil memainkan telepon selular. Ini kan sangat berbahaya. Kalau ada kendaraan lain datang mendadak, tabrakan tidak bisa dihindari. Sering pula warga melawan arus, seperti di depan SMAN 1 itu karena ingin cepat. Itu sangat berbahaya,” kata Fadlian.

Untuk itulah Dinas Perhubungan makin gencar melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas. Harapannya, kecelakaan lalu lintas dapat ditekan sekecil mungkin.

Fadlian bersyukur sosialisasi itu direspons positif oleh pelajar dan guru di SMA Negeri 1 Sampit. Mereka sepakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas. Dinas Perhubungan berharap pelajar dan guru dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

Dinas Perhubungan juga mengerahkan anggota mereka untuk mengatur lalu lintas bersama Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur. Kehadiran petugas diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih patuh terhadap aturan berlalu lintas.

Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: