Kunjungan Dishub Kabupaten Kapuas di Dishub Kotim

SAMPIT_Selasa (17/10/17) Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur mendapat kunjungan Dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, yakni Bapak Efryansen selaku Kepala Seksi Prasarana dan Bapak M. Ridha selaku Kepala Seksi Keselamatan. Kunjungan tersebut guna sharing dalam hal pengelolaan kegiatan angkutan sungai yaitu dalam hal pengawasan, pembinaan, pengendalian, dan pengaturan transportasi sungai oleh UPTD ASD Dishub Kotim. Beberapa hal yang dibahas mengenai kunjungan tersebut terkait dengan perijinan, penertiban rekomendasi, dan dokumen yang berkaitan dengan angkutan sungai yang berada di wilayah perairan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kadishub sharing bersama Dishub Kapuas.

“Kunjungan ini hanya sharing saja, yaitu tentang kegiatan lalu lintas angkutan sungai. Dimana kalau disini (Dishub Kotim), antara Dishub dan KSOP Sampit sudah ada proporsinya (kewenangan) masing – masing sehingga tidak ada (overlapping) atau tumpang tindih kewenangan. Sementara di Kapuas katanya masih belum bisa berjalan sebagaimana mestinya”, ungkap Efryansen. Jadi bagi kami diperlukan pendekatan dan koordinasi dengan pihak terkait dengan pelayanan angkutan sungai.
“Kunjungan ini membuat Dishub Kotim merasa senang karena selain berbagi ilmu juga banyak manfaatnya dan menambah pertemanan juga bisa semakin eksis dalam hal pelayanan. Oleh karena itu, Dishub Kotim tidak menutup diri apabila ada yang sharing dari mana saja dipersilahkan. Selain itu Dishub Kapuas juga sangat mengapresiasi tentang pengelolaan Feri Penyeberangan yang ada di Sampit yang selama ini mengontribusikan dengan cara lelang ke masyarakat dengan pola bagi hasil”, terang Kadishub Kotim Bapak Drs. H. Fadlian Noor, MM.

Suasana sharing bersama di ruang Kadishub Kotim.

Selain konsultasi mengenai angkutan sungai. Terkait dengan keselamatan, kunjungan dari Dishub Kapuas juga menyempatkan untuk melihat ruang CCTV atau TMC (Traffic Monitoring Center). Dimana di beberapa perempatan yang ada di Kota Sampit sudah terpasang CCTV guna mengawasi kondisi lalu lintas yang dapat dipantau dari Dishub Kotim. Hal lain yang menjadi daya tarik dalam kunjungan tersebut yaitu tentang Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor. Dimana pada UPTD PKB Dishub Kotim sudah adanya Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor (SIM PKB) dan alat uji yang sudah lengkap guna mengecek kondisi kendaraan bermotor agar laik jalan.

“Hal tersebut dapat dicontoh untuk diterapkan di Dishub Kapuas karena Dishub Kotim sangat luar biasa baik mengenai TMC maupun Pengujian Kendaraan Bermotornya”, ujar Kasi Prasarana Dishub Kapuas Bapak Efryansen, ANT III, S. Tr. MA.

Kunjungan Dishub Kapuas di UPTD ASD Pelangsian.
Foto bersama di UPTD PKB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *