Sosialisasi Angkutan Barang

 

SAMPIT_Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur dan Satlantas Polres Kotim bekerjasama dalam rangka menindaklanjuti giat Inspeksi Keselamatan (Ramp Check) jelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Lokasi kegiatan tersebut di Jl. Sudirman Km. 6 Sampit atau di halaman Dinas Perubungan Kabupaten Kotawaringin Timur mulai pukul 09.00-10.00 WIB pada hari, Selasa (12/12/17) dan sasaranya adalah kendaraan angkutan barang. Dalam kegiatan tersebut sekaligus memberikan sosialisasi angkutan barang khususnya kendaraan pengangkut pasir, koral, tanah uruk, dan lain-lain agar ditutup dengan terpal saat mengangkut barang. Menurut Kepala Dinas Perhuungan Kotawaringin Timur Bapak Drs. H. Fadlian Noor, MM “dilaksanakan kegiatan tersebut agar dapat tercipta keselamatan, keamanan, dan kenyamanan serta kelancaran para pengguna jalan, selain itu disampaikan juga kepada para pengemudi agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menjaga kondisi laik jalan kendaraan bermotor serta melebgkapi surau-surat kendaraan”.

Yang lebih ditekankan lagi dalam sosialisasi tersebut yaitu agar tidak membawa muatan berlebih (over load) karena kelas jalan yang dilalui hanya memilik kelas jalan III yang memiliki kekuatan Muatan Sumbu terberat (mst) 8 ton. Itu artinya jumlah tekanan mkasimum roda terhadap jalan adalah 8 ton. Hal ini dapat diketahui dengan cara dilakukan penimbangan kendaraan dan muatan yang dihitung dengan rumus.

Kadishub menambahakan jika semua hal tersebut di atas dipatuhi oleh setiap pengguna jalan khususnya yang melintasi wilayah kotawaringin Timur maka akan dapat menekan angka kecelakaan dan di tahun 2018 di Kotawaringin Timur akan tercipta Zero Accident. Ingat pelanggaran lalu lintas awal dari kecelakaan, keselamatan, tanggung jawab kita bersama.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: