PERTEMUAN PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR SE – PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2020

 

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Propinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor se-Kalimantan Tengah di Aquarius Boutique Hotel Sampit. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 10 – 11 Oktober 2020.

Dalam kesempatan yang lalu, salah satu Penguji Kendaraan Bermotor UPTD PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur yang hadir pada pertemuan, yaitu Asyhar Ma’rufi A.Ma. PKB., S.H., memberikan beberapa penjelasan terkait pertemuan tersebut.

“Pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor ini dihadiri oleh 33 tenaga penguji kendaraan bermotor, dari 14 kabupaten / Kota di seluruh Kalimantan Tengah. Adapun tema dari pertemuan tersebut adalah Sinergitas dan Integritas Penguji Kendaraan Bermotor menjadi faktor penting dalam menunjang keselamatan di jalan”, ucapnya.

“Selaku Tuan rumah kegiatan, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur, Bapak Sutaman, S.H., M.H. turut hadir dan memberikan sambutan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalteng karena telah memilih kembali kota sampit sebagai tempat pelaksanaan pertemuan tersebut, yang sebelumnya di tahun 2018 pun kota sampit juga terpilih sebagai tuan rumah. Beliau juga berpesan, dengan diadakannya pertemuan tersebut diharapkan nantinya para Penguji Kendaraan Bermotor dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya sehingga tujuan pengujian berkala kendaraan bermotor, yaitu terciptanya laik jalan kendaraan bermotor dan lalu lintas yang berkeselamatan, dapat terwujud”, tegasnya.

Di dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 156 Tahun 2016 tentang Kompetensi Penguji Berkala Kendaraan Bermotor, Kompetensi penguji terdiri dari 8 (delapan) tingkat jenjang, dari tingkat paling rendah hingga tingkat paling tinggi. Tugas dan wewenang Penguji Berkala Kendaraan Bermotor telah dimuat secara rinci di dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI tersebut, di dalam pasal 8 sampai dengan pasal 15.

Lebih lanjut, Asyhar Ma’rufi A.Ma. PKB., S.H. memaparkan lebih rinci terkait Pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor tersebut. “Pertemuan tersebut dibuka oleh bapak Buang Turasno, ATD. MT, selaku Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Propinsi Kalimantan Tengah. Selanjutnya sebagai narasumber pertama adalah Bapak Joko Pratomo, ST. Msi, Kepala Seksi Sertifikasi Penguji Direktorat Sarana Transportasi Jalan Perhubungan Darat. Adapaun materi yang disampaikan yaitu Penyelenggaraan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UP UBKB) yang ideal. Dengan materi tersebut diharapkan setiap Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UP UBKB) yang ada di Kalimantan tengah khususnya dapat menerapkan Pra Uji secara baik, tersedianya sarana yang memadai, adanya alat uji dan digunakan secara optimal, terkalibrasi dan terakreditasi, serta adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan jenjang kompetensinya, sehingga pelayanan pengujian kendaraan bermotor dapat terlaksana dengan baik” ucapnya.

“Narasumber kedua yaitu Bapak Endi Irawan, S.H., M.H. Kepala Bagian Hukum Dan Humas Setdirjen Perhubungan Darat, yang membahas mengenai Peraturan Perundang-undangan di Bidang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor. Diharapkan agar dalam melaksanakan tugasnya, para penguji dapat memahami dan berpegang teguh terhadap aturan perundangan-undangan yang mengatur tentang pengujian berkala kendaraan bermotor” lanjutnya.

“Pembahasan berikutnya yaitu mengenai Efektifitas penerapan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) / smart card dalam penyelengaraan pengujian Kendaraan bermotor, yang disampaikan oleh Sofyan Azis dari PT. Pura Barutama. Diharapkan agar setiap Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UP UBKB) dalam menyelenggaraan Pengujian sudah menggunakan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) sehingga tidak mudah lagi untuk dipalsukan oleh pihak-pihak tertentu seperti halnya buku uji, karena dalam Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) tersebut sudah terpasang Secure Access Module (SAM)”, lanjutnya.

“Narasumber yang terakhir yaitu Bapak Dwi Wayono Syamhudi, Ketua Dewan Pakar dan Kode Etik Profesi Dewan Pengurus Pusat Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (DPP IPKBI), dengan judul materi Sinergitas dan Profesionalisme Penguji Kendaraan Bermotor menjadi Faktor Penting dalam Menunjang Keselamatan di Jalan, dengan materi ini diharapkan Penguji Kendaraan Bermotor dapat menjunjung tinggi etika profesinya sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, demi terwujudnya keselamatan lalu lintas di jalan. Penguji Kendaraan Bermotor merupakan ujung tombak terciptanya laik jalan kendaraan bermotor yang menjadi faktor utama terwujudnya program aksi nasional keselamatan transportasi khususnya transportasi darat di Indonesia” tutupnya.

(onh)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: