Bajaj Di Kota Sampit

 

Salah satu bajaj yang sedang mangkal di depan RS. Murdjani Sampit.

SAMPIT_Transportasi merupakan perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakan oleh manusia atau mesin. Adanya transportasi yaitu untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari – hari. Tanpa transportasi kegiatan manusia ataupun arus barang akan terhambat atau relatif lambat. Di era modern seperti sekarang ini, sudah banyak alat transportasi yang canggih, baik darat, laut maupun udara.

Salah satu alat transportasi darat yang memudahkan aktifitas manusia yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur adalah Bajaj. Bajaj merupakan kendaraan bermotor beroda tiga yang dilengkapi dengan rumah – rumah. Bajaj umumnya terdapat di kota – kota besar di Indonesia seperti Jakarta, namun kini di Kabupaten Kotawaringin Timur juga terdapat bajaj. Hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kotim, apalagi di Kabupaten Kotawaringin Timur masih minim angkutan perkotaan untuk jarak dekat.

Bajaj juga salah satu alat trasnportasi yang boleh dibilang aman karena dilengkapi dengan rumah – rumah sehingga dapat membantu penumpang bajaj jika membawa barang bawaan yang cukup banyak dan apabila hujan penumpang tidak akan kehujanan. Selain itu karena dengan dimensi yang tidak terlalu besar bajaj juga bisa masuk ke gang yang relatif kecil yang tidak bisa dilewati oleh mobil. Bajaj dapat menampung maksimal 2 orang penumpang dewasa.

Demi menjaga kondisi laik jalan, setiap 6 bulan sekali bajaj – bajaj di Kotim ini juga selalu melakukan pengujian berkala pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotoor Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dan keselamatan saat beroperasi, sehingga penumpang merasa nyaman dalam menggunakan jasa bajaj.

Jika kita akan meenggunakan jasa Bajaj di Sampit banyak kita jumpai di sekitaran Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), depan RS. Murdjani, sekitaran Patung Ikan Jelawat, Taman Kota, dan juga keramain lain di Kota Sampit. Saat ini sudah tersedia 20 unit Bajaj yang siap melayani dan membantu aktifitas warga Kotim dengan biaya yang relatif murah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: